FPIK UNIGA dan UPSI Malaysia MoU Bidang Pendidikan

oleh -51 Dilihat
Rektor Uniga Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amien, M.Eng., IPU usai Mou bersama UPSI Malaysia. (PG/Abar)
banner 728x90

Pewarta: Abar

POROSGARUT.ID – Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan Universitas Garut (UNIGA) mengirimkan 20 Delegasi mahasiswa dalam program Student Mobility and Exchange Programmes serta penandatanganan kerjasama Letter Of Intent di Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia

UNIGA menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) pada hari Jumat, 28 Juli 2023 lalu di Tanjong Malim, Malaysia.

Penandatanganan MoU tersebut ditandatangani antara, Dekan Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan (FPIK) Uniga Dr. Hj. Hilda Ainissyifa, M.Ag. dengan Prof. Dato’ Dr. Md Amin bin Md Taff sebagai Vice Chancellor dari UPSI dan disaksikan oleh Rektor Universitas Garut Dr. Ir. H. Abdusy Syakur Amien, M.Eng., IPU.

Selain dihadiri Rektor Universitas Garut serta Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Dr. Irfan Nabhani, S.E., M.T dan Dekan FPIK Uniga, Dr. Hj. Hilda Ainissyifa, M.Ag, turut hadir pula Wakil Dekan 1 FPIK, Asep Tutun Usman, M.Pd, Wakil Dekan 2, Dr. Masripah, M.Si, Kaprodi dan beberapa dosen di Lingkungan FPIK UNIGA.

Abdusy Syakur Amien Rektor UNIGA menjelaskan kerjasama ini bagian tidak lanjut kebersamaan yang telah terjalin cukup lama, implementasinya adalah MoU ini, dan kerjasama ini berfokus pada bidang pendidikan.

“Secara umum dalam kerjasama ini kita tetap berkolaborasi pada lingkup tri dharma perguruan tinggi, tapi karena UPSI ini kuat di bidang pendidikan jadi kita lebih menekankan kerja sama pada bidang pendidikan,” ungkapnya.

Salah satu bentuk kerja sama yang sudah dilakukan antara UNIGA dengan UPSI adalah pertukaran mahasiswa, yang mana UNIGA telah mengirimkan mahasiswa KKN Internasional dari FPIK sejumlah 20 mahasiswa di tahun 2023. Kegiatan yang dilakukan selama pertukaran mahasiswa berlangsung di antaranya Seminar Bersama antara mahasiswa UNIGA dengan UPSI, Site in atau pembelajaran di kampus UPSI, kunjungan ke desa-desa di Tanjung Malim Malaysia, kunjungan ke sejumlah sekolah dan kampus ternama di Malaysia.

Rektor UNIGA berharap kerja sama ini dapat menjadi pilar pendukung bagi pengembangan serta kemajuan kedua perguruan tinggi di bidang pendidikan, yakni UNIGA dan UPSI.

Sementara Dekan FPIK UNIGA, Dr. Hj. Hilda Ainissyifa, M.Ag. menuturkan kegiatan kerjasama ini semoga kedepannya dilanjutkan dengan kolaborasi yang lebih menyeluruh, misalnya melakukan Join Research dan Join Publication, saling memberikan kuliah di Magister Pascasarjana UNIGA dan UPSI memberikan penawaran kepada dosen-dosen UNIGA untuk mengajar di UPSI.

“Dengan adanya peluang mengajar di UPSI dosen-dosen kita bisa go international,” tutur Dekan FPIK.

Dijelaskannya, kegiatan mahasiswa FPIK UNIGA selama di UPSI diantaranya Sesion Class dan pengenalan kampus UPSI, Pengajaran ke sekolah Malaysia, Kunjungi Pusat aktivitas warga emas (pedesaan), Eksplorasi silang budaya, Adventure based Challenge (edu-forest) dan Penelitian bersama mahasiswa FPIK UNIGA dengan mahasiswa UPSI.

Editor: Angga

Banner 350x450

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *