Sambut Ramadhan 1445 H, Warga Sindangsuka dan Mekarsari Gelar Pawai Syariah Keliling Cibatu

oleh -148 Dilihat
Pawai Syariah warga dua desa Sindangsuka dan Mekarsari Kecamatan Cibatu (PG/A.Kurniawan)
banner 728x90

Pewarta: A. Kurniawan

POROSGARUT.ID – Menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, Pemdes Mekarsari dan Sindangsuka Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut mengadakan acara bersama di lapangan Desa Sindangsuka, Sabtu (9/3/2024).

Ketua panitia acara Ustadz Nanang Mustafa Kamil didampingi Ustadz Wahid mengatakan kegiatan Tarhib Ramadhan ini rutin dilaksanakan dua desa setiap tahun.

“Setiap tahun kami melaksanakan Tarhib Ramadhan bersama-sama, namun sejak ada pandemi covid-19 mulai tahun 2020 tidak dilaksanakan baru tahun ini kami melaksanakan kembali,’ terangnya.

Dikatakan Ustadz Nanang, acara diisi dengan tabligh akbar yang dilanjutkan dengan pawai syariah mengelilingi wilayah Kecamatan Cibatu. Diantara bentuk kegembiraan akan datangnya bulan yang agung, kaum muslimin akan menyambutnya dengan mengadakan kegiatan Tarhib. Hal ini sebagaimana yang diwujudkan oleh Pemdes Sindangsuka dan Mekarsari Kecamatan Cibatu Kabupaten Garut yang didukung oleh Relawan Inspirasi Rumah Zakat Desa Sindangsuka Kecamatan Cibatu.

Ustadz Nanang Mustafa Kamil. (PG/A.Kurniawan)

“Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Terbukti dengan hadirnya ratusan masyarakat dua desa dengan memggunakan kendaraan roda dua dan empat memenuhi lapang desa Sindangsuka. Semoga acara Tarhib Ramadhan ini semakin mengingatkan kaum muslimin akan segera tibanya bulan suci Ramadhan dan menjadikan momentum Tarhib Ramadhan untuk merajut dan memperkuat ikatan silaturahmi sesama Ormas Islam dan semua elemen masyarakat khususnya di wilayah desa Sindangsuka dan Mekarsari,” imbuhnya.

Lebih jauh Ustadz Nanang mengatakan, bagi seorang muslim kedatangan dan kehadiran bulan suci Ramadhan sangat ditunggu tunggu, karena bulan ramadhan adalah bulan maghfirah (syahrul maghfiroh) dan bulan yang penuh keberkahan (syahrul mubarokah). Tentunya dengan pemahaman yang dalam tentang keutamaan bulan suci Ramadhan, maka kaum muslimin sangat antusias menyambutnya.

“Mudah mudahan bulan Ramadhan memberikan pendidikan dan pembinaan terwujudnya manusia yang lebih baik untuk meneruskan cita cita para pendiri bangsa dalam memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara dibawah naungan Ridho Allah SWT….. Aamiin,” harap Ustadz Nanang.

Kades Sindangsuka dan Mekarsari bersama Ketua MUI dua desa dan tokoh masyarakat. (PG/A.Kurniawan)

Sementara Kades Mekarsari Ahmad Sadli mengucapkan terimakasih kepada panitia dan semua pihak yang telah berpartisipasi melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan tahun ini.

“Dengan adanya kegiatan hari ini, menjadi kesempatan yang baik bagi kita bersama untuk mengingatkan akan pentingnya Bulan Suci Ramadhan. Ini menjadi momen bagi kita untuk lebih instropeksi diri serta meningkatkan kualitas ibadah kita”, pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kades Sindangsuka dan Mekarsari, Ketua MUI Desa Sindangsuka dan Mekarsari, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dari dua desa, Ketua Karang Taruna dari dua desa, ormas islam dan sejumlah tokoh masyarakat serta elemen lainnya dari dua desa, dan untuk tausyiah oleh Ustadz Eep Saepuloh, S.Ag, serta Ustadz Aceng Kurnia.

Editor: Angga

Banner 350x450

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *