Oban Sobana Kades Sukalasana Terpilih Menjadi Ketua Apdesi Kabupaten Garut Periode 2022-2027

oleh -289 Dilihat
Oban Sobana dan Asep Sopian beserta peserta Muscab IV Apdesi Kabupaten Garut. (PG/Tia)
banner 728x90

Pewarta: TiaPOROSGARUT.ID – Kades Sukalaksana, Kecamatan Samarang Oban Sobana terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) DPC Kabupaten Garut periode 2022-2027 di acara muscab IV Apdesi di Hotel Santika, Rabu (20/7/2022).

Terpilihnya Oban sebagai Ketua Apdesi setelah mendapat sebanyak 218 suara (kades) sedangkan rivalnya Asep Sopian Kades Mulyasari Kecamatan Bayongbong meraih sebanyak 161 suara sedangkan tidak sah sebanyak 6 suara.

Oban Sobana mengatakan, terpilihnya Ia sebagai Ketua Apdesi Garut akan membentuk kepengurusan setelahnya baru akan melaksnakan program-program demu kemajuan desa-desa yang ada di kabupaten Garut.

“Kita akan menularkan melalui Apdesi, desa-desa yang ada di Kabupaten Garut sama-sama harus maju,” kata Oban.

Dia juga menyebut akan membantu para kepala desa di Kabupaten Garut untuk menggali potensi diwilayahnya masing-masing.

“Kita akan menggali potensi dari masing-masing desa. Kita akan berbagi. Bahkan, gini kan kadang-kadang berpikir tentang Desa Wisata (Dewi) itu kan mereka harus berpikir yang Wah,” katanya.

Panitia Muscab IV Apdesi Kabupatrn Garut tahun 2022. (PG/Tia)

Oban menjelaskan, Dewi ini berangkat dari sesuatu yang dekat dulu. Seperti contohnya, menemukan potensi-potensi apa yang ada di desa tersebut.

“Bahkan, ada salah satu mungkin dari pengunjung dari Jerman, datang ke desa itu hanya ingin tahu bagaimana cara pemilihan kepala desa. Itu bisa disajikan,”katanya.

Selain itu Oban juga akan mengembangkan potensi desa wisata ini sesuai dengan SK Bupati Garut, bahwa harus ada 30 desa yang menjadi desa wisata.

Sementara itu, Ketua DPK Cibatu Tatan Asmara Kades Kertajaya mengatakan, Kabupaten Garut menjadi salah satu dari 3 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat yang menggunakan pemilihan sistem One Man, One Vote.

“Ini bagi Garut sejarah baru. Karena, pemilihan ini luar biasa. Antusias para kepala desa dan para panitia Muscab sangat luar biasa,” kata Tatan.

Dia berharap kepada Oban Sobana Ketua Apdesi yang baru meralisaikan janji saat penyampaian visi misinya da
dihadapan peserta Muscab untuk menyediakan kantor sekretariat Apdesi di sekitar kantor DPMD Kabupaten Garut.

“Ya intinya semoga Apdesi kabupaten Garut semakin maju dan membantu desa-desa yang ada di kabupaten Garut untuk menjadi desa yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Editor: Angga

Banner 350x450

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *